Pilih Organik Atau Hidroponik, Jika Mengonsumsi Sayuran Mentah?



Mengkonsumsi sayuran mentah tengah jadi trend di kelompok orang-orang modern sekarang ini terlebih untuk orang-orang yang tinggal di kota besar. Apabila Kamu satu diantara pelakunya, sebaiknya untuk pilih konsumsi sayuran organik daripada sayuran yang tumbuh subur dengan cara bercocok tanam yang lain. 

Ketua Yayasan Gerakan Orang-orang Sadar Gizi, Dr. Tirta Prawita Sari, MSc menyampaikan tingkat keamanan tanaman organik telah terjamin kualitasnya. Terutama dari sistem penanamannya, tanaman type organik tak memakai pupuk kandang serta semprotan pestisida. “Keamanan telah terang yang organik, ya. Ini pas dikonsumsi untuk mereka yang sukai makan salad, karedok, lalapan, serta makanan mentah yang lain, ” ungkap Dr. Tirta seperti diambil Health Liputan6 (24/5 /) 

Tirta memberikan untuk tanaman type lain terutama tanaman yang datang dari cara hidroponik, kata Tirta memberikan, diliat dahulu bagaimana prosesnya hingga tanaman itu tumbuh. Apabila memakai nutrisi yang termasuk organik, jadi faedahnya bakal sama. “Tapi bila yg tidak, yang telah terang memakai pestisida, mesti di perhatikan dengan benar. Walau ada yang larut air, namun tak 100%. ” 

Tirta mengutamakan, walau sayuran organik telah terjamin keamanan serta kesehatannya, bukanlah bermakna sayuran itu dicuci sembarangan. Memanglah, sayuran organik tak memakai pestisida, namun tetaplah sayuran itu ada kuman atau bakteri di dalamnnya. “Apa juga macamnya, cucinya janganlah sembarangan. Terlebih organik. Meskipun tak memakai pestisida, tetap harus ada bakteri yang perlu diwaspadai, ” papar Tirta menjelaskan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Hidroponik Sistem Pasang Surut (Ebb & Flow System)

Teknik Hidroponik Sistem NFT (Nutrient Film Technique)

Teknik Hidroponik Sistem Rakit Apung (Water Culture System)